6 Cara Membuat Rendang Sapi Berkuah Bumbu Sederhana Untuk Menu Idul Adha

9:20 PM


rendang sapi kuah bumbu empuk by zudinanas.com


Salah satu resep masakan Indonesia yang fenomenal hingga ke mancanegara yaitu rendang sapi. Siapa yang tidak kenal dengan menu makan yang satu ini? Lidah orang Indonesia pasti sudah tahu bagaimana kelezatannya. Cara membuat rendang sapi berkuah bumbu sederhana yang akan kami bahas ini sangat cocok dijadikan resep sajian untuk menu Idul Adha.
Datangnya Hari Raya kurban sebagai lebaran kedua bagi umat Islam, membuat siapa pun merasakan kebahagiannya. Terlebih lagi ketika Anda mendapat jatah daging sapi dari panitia kurban setempat. Senang sekali bukan? Untuk menyempurnakan perayaan Idul kurban, menu makan saat itu haruslah berbeda dari biasanya. Cobalah untuk mempraktikkan cara membuat rendang sapi berkuah bumbu sederhana ini.

Masakan rendang sapi berkuah bumbu ini dikenal di tengah-tengah masyarakat Indonesia sebagai masakan terpopuler. Oleh karena itu, tidak heran jika kita menemukan beberapa resep rendang sapi dengan rasa yang berbeda-beda. Seperti halnya resep rendang daging Jawa, resep rendang Padang, resep rendang telur dan resep rendang ayam. Semua masakan tersebut cocok untuk lidah orang Indonesia.

Bagi Anda yang ingin tahu cara membuat rendang sapi berkuah sederhana, berikut resep selengkapnya untuk Anda.

Bahan-bahan :
  • 1 kg daging sapi, potong sesuai dengan selera, cuci sampai bersih dan rebus beberapa menit
  • 1 buah kelapa, parut dan ambil santannya saja
  • 1 batang serai, digeprek
  • 1 ruas lengkuas, digeprek
  • 3 lembar daun salam
  • Garam secukpnya
  • Gula merah secukupnya
Bumbu yang harus dihaluskan :  
  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • ¼ cabe merah atau sesuai selera, buang bijinya
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • 1 ruas jahe, sebelumnya kupas terlebih daulu
  • minyak secukupnya untuk menumis bumbu
Langkah-langkah pembuatan :
1)     Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan sampai tercium aromanya.
2)     Masukan daun salam, lengkuas dan serai, lalu masak hingga harum.
3)     Masukan danging sapi yang telah direbus matang, tambahkan sedikit air (kaldu lebih baik) dan masukan juga santan.
4)     Tambahkan garam dan gula merah secukupnya.
5)     Aduk-aduk hingga merata dan tunggu sampai airnya menyusut dan dagingnya empuk.

Langkah terakhir, jika sudah matang jangan lupa koreksi rasa, dihawatirkan rasanya masih hambar. Kemudian angkat dan sajikan dengan nasi hangat atau ketupat ciri khas Hari Raya kurban.

Itulah Cara membuat Rendang sapi berkuah bumbu sederhana untuk melengkapi kebahagian Hari Raya kurban bersama seluruh anggota keluarga. Anda pun dapat mengkreasikan resep rendang sapi berkuah bumbu sederhana ini untuk acara keluarga. Misalnya acara nikahan, khitanan, pengajian, ulang tahun dan acara besar lainnya. Semoga pemaparan ini menambah wawasan Anda dalam mendalami resep kuliner nusantara. Selamat mencoba dan selamat menikmati!
-----------------
Meta desc : Cara membuat rendang sapi berkuah bumbu sederhana, kini bisa Anda praktikkandi rumah. Bahan dan cara pembuatannyaterbilang cukup mudah dan sederhana.


by: Zudin Anas

Referensi : Resep Masakan Indonesia Terlengkap www.Ommasakom.com

You Might Also Like

0 comments

Pages

Contributors